Selasa, 01 Oktober 2019

BLOKIR WEBSITE & FILE EXTENTION, REDIRECT WEB DENGAN WEB PROXY (MIKROTIK)




Penjelasan Web Proxy Mikrotik - Proxy adalah suatu aplikasi yang menjadi perantara antara client dengan server, sehingga client tidak akan berhubungan langsung dengan server-server yang ada di Internet. Mikrotik memiliki fitur Web proxy yang bisa digunakan sebagai proxy server yang nantinya akan menjadi perantara antara browser user dengan web server di Internet.

  • Block File Extention
 Ekstensi file merupakan salah satu dari metadata yang menjelaskan informasi tentang file (data fisik dari suatu file). Ekstensi file ini sangat penting karena berhubungan dengan registry yang menentukan dengan software/aplikasi yang tepat untuk membuka file tersebut (dalam properties file diberithukan informasi Open with, yang memberitahukan aplikasi yang tepat untuk membuka file tersebut.

Langkah-langkah:
  1. Buka terlebih dahulu menu web proxy nya. Klik menu "IP" > "Web Proxy".
  2. Aktifkan terlebih dahulu web proxynya, centang pilihan "enable". Lalu "Apply" dan "OK".
  3. Klik menu "access".
  4. Klik menu "+".
  5. Disini saya akan memblock File Extention ".mp3". Isi kolom path dengan "*.mp3", dan ubah action menjadi "deny", lalu apply dan ok.
  6. Kita coba download file extention ".mp3".




  7. Jika tampilan window seperti ini berarti block File Extention berhasil.





    • Block Website.

    1.  Sama seperti pada block file extention, masuk ke menu "access" lalu klik "+".
    2.  Setelah itu isi kolom "Dst.Host" dengan website yang akan di block, contoh "www.detik.com" Klik kolom kecil disampinya, kenapa? karena saya akan memblock semua situs kecuali situs "www.detik.com", lalu isi kolom action menjadi "deny'. Lalu klik apply dan ok.
    3.  Setelah itu kita coba buka situs "www.detik.com". Nah masih bisa.
    4.  Coba kita situs yang lain, soalnya tadi saya memblock semua situs kecuali "www.detik.com". Contoh kita buka situs "www.kompas.com". Pasti tidak bisa.
       Block & Redirect Website
      Kita juga bisa memodifikasi rule-nya dengan me-redirect ke situs lain. Misalnya ketika ada Client yang mengakses www.playboy.com maka akan langsung dialihkan (redirect) ke www.mikrotik.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar